midah zone

lihat segalanya lebih dekat...

Permainan Edukatif "The Magic Egg"

Siapa sih yang nggak pernah melihat telur? Pasti semua orang pernah melihatnya bahkan mungkin menjadikannya makanan favoritnya. Telur bisa dijadikan lauk atau sebagai bahan membuat kue. Berbicara tentang telur, kali ini saya akan membahas sebuah permainan edukatif yang menantang pemainnya berimajinasi dan berpikir kreatif untuk menetaskan sebuah telur menjadi berbagai macam bentuk burung (atau hewan unggas lainnya).
Permainan ini juga dapat membantu siswa untuk belajar geometri lho. Tapi, apa hubungannya telur dengan geometriya?
Penasaran ?
Berikut cara membuat telur dan cara bermainannya.

Pertama, siapkan kertas, busur, penggaris, dan pensil. Lalu buat telurnya, dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Buat garis diameter AB sepanjang 5 cm lalu buat lingkaran dengan jari-jari 2,5 cm.
  2. Buat garis (diameter) HJ. Lalu tarik garis dari titik B ke titik H teruskan garis sampai sepanjang 5 cm yang berujung pada titik C. Lakukan hal yang sama untuk membuat garis AD.
  3. Buat busur AC (dari juring BAC) dan busur BD (dari juring BAD).
  4. Dengan cara yang sama buat busur CD (dari juring DHC).
  5. Dengan panjang yang sama dengan DH=CH, buat jari-jari JE, lalu bentuk lingkaran maka akan terbentuk titik G dan F yang menyentuh garis AB.
  6. Tarik garis GE dan GF.
(lebih jelasnya, lihat gambar yaa :)

Setelah telurnya jadi, potonglah telur tersebut menjadi sepuluh bagian sesuai dengan garis-garis yang ada di dalam telur tapi garis-garis yang lurus aja ya. Nah, bentuklah bagian-bagian tadi menjadi burung seperti yang ada pada gambar, atau bisa juga membuatnya dengan bentuk yang baru.

Jika ingin melihat bentuk lain, bisa download disini.

Permainan telur ajaib ini dikembangkan untuk membantu siswa belajar geometri yang dapat merangsang daya pikir dan imajinasi pemainnya. Selain itu, permainan ini juga mendorong siswa untuk bekerja sama dalam kelompok untuk menemukan berbagai macam posisi/bentuk burung sehingga terjadi komunikasi antar satu dengan yang lain. Mereka pun bisa beradu kecepatan, siapa yang lebih cepat menyusun dialah pemenangnya.


Apabila permainan ini diterapkan di sekolah, ternyata pembelajaran melalui permainan seperti telur ajaib diatas sesuai dengan "Karakter Belajar Abad 21" lho dan juga sejalan dengan RME (Realistics Mathematics Education) atau di Indonesia biasa disebut PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). 4 Karakter Belajar Abad 21, yaitu :
  • Komunikasi : terjadi komunikasi dalam grup (antar anggota kelompok) yang mengarah pada pencarian strategi penyelesaian masalah. Juga munculnya argumentasi antar anggota kelompok dan justifikasi (proof)
  • Kolaborasi : team work (bekerja sama dalam tim) berperan penting agar solusi yang diinginkan cepat diperoleh
  • Berpikir Kritis dan Problem Solving : selain kolaborasi juga dibutuhkan pemikiran yang kritis dalam rangka pemecahan masalah yang efisien
  • Kreatifitas dan Inovasi : kreatif untuk membuat form (bentuk) yang baru sehingga tidak terpaku pada bentuk yang sudah ada.


    Berdasarkan 4 karakter diatas terdapat keterkaitan yang sesuai dengan karaterisitik PMRI, yaitu :

    • Kontekstual : Pada permainan catching the egg konteksnya sangat jelas yaitu telah diketahui bahwa burung berkembang biak dengan cara bertelur. Pada awalnya kita menggunting bagian yang berbentuk telur sesuai dengan garis-garis yang ada, Kemudian membentuk bagian-bagian itu menjadi berbagai macam bentuk burung yang ada pada gambar atau kita dapat membentuknya sendiri. Yang diartikan bahwa sebuah telur menetas menjadi seekor burung.
    • Penggunaan model : scaffolding - membuat suatu keadaan agar siswa berpikir menuju ke model formal adalah suatu cara mengenalkan jenis-jenis bangun datar kepada siswa.
    • Menggunakan kontribusi siswa : jelas terlihat pada kegiatan ini karena seluruh aktivitasnya terpusat pada siswa.
    • Interaktivitas : pengajar sebagai pengarah/penuntun agar siswa menemukan strategi untuk membuat bentuk burung tersebut.
    • Terintegrasi dengan topik pembelajaran lainnya : tentu, cerita mengenai burung yang bertelur sangat berkaitan dengan pelajaran biologi.


      Selamat Mencoba ^_^




      Midah ~ Lihat Segalanya Lebih Dekat

      Cari

      Quote


      Human beings everywhere and throughout time have used mathematics ~ Bishop * Mathematics is a human activity

      Mengenai Saya

      Foto saya
      Kediri - Ngawi - Palu - Surabaya - Palembang- Malang, Indonesia

      TRANSLATOR

      Kamus Bahasa Indonesia


      Rumah dijual

      Current Time

      Blog Archive

      Komentar

      Followers

      Follow by Email

      Pengunjung Hari Ini

      back to top