midah zone

lihat segalanya lebih dekat...

Belajar dengan Bermain Ular Tangga yuk !

Permainan ular tangga dapat di modifikasi menjadi permainan edukatif yang menarik anak-anak untuk mencobanya. Papan ular tangga sengaja dimodifikasi untuk menarik perhatian anak-anak agar tidak enggan mencobanya. Permainan ini mengajarkan anak-anak pada konsep operasi bilangan yaitu penjumlahan dan atau pengurangan. Disini saya coba mendesain permainan ular tangga sebagai pembelajaran penjumlahan bilangan 1 s/d 20  untuk siswa sekolah dasar tepatnya kelas 1. Saya memfokuskan permainan pada penjumlahan karena dasar dari pengurangan adalah penjumlahan. Dapat dilihat pada papan ular tangga ini tidak terdapat gambar ular seperti yang pada permainan sebenarnya, adanya gambar ular akan menyebabkan pion berada pada kotak yang bernomor lebih rendah (menurun/berkurang).

Implikasi penjumlahannya yaitu jalannya pion dari nomor kotak dimana pion berada dijumlahkan dengan angka pada dadu yang muncul menghasilkan nomor kotak yang diituju. Misal : pion berada pada kotak bernomor 7, dadu yang muncul 5, jadi perpindahan pion sekarang berada di kotak nomor 12. atau dalam bentuk matematisnya dapat ditulis : 7 + 5 = 12. Siswa atau anak-anak bisa menghitungnya dengan memindahkan pion langkah per langkah pada papan permainan. Sehingga bentuk formal matematikanya menjadi :
7 + 1 = 8 + 1 = 9 + 1 = 10 + 1 = 11 + 1 = 12 (memindahkan pion sebanya lima kali).

Dengan adanya permainan edukatif seperti ini, anak-anak menjadi senang belajar khususnya untuk pelajaran matematika yang pada umumnya menjadi momok bagi siswa-siswa sekolah dasar. Selain itu, pada permainan ini juga terjadi interaksi atau komunikasi antar pemain sehingga melatih jiwa sosial siswa yang serta kesabaran para pemainnya dalam menunggu giliran.

Hal ini pun sangat erat hubungannya dengan "karakter belajar abad 21" yang pernah saya posting sebelumnya.  Kalau belum baca, silahkan baca disini.

Semoga permainan ular tangga modifikasi ini memotivasi para pendidik untuk lebih kreatif dalam mentransfer ilmu kepada siswa.

Midah ~ Lihat Segalanya Lebih Dekat
(design papan ular tangga modifikasi by : Apria Dwi Anggraini)i

1 comments:

Anonim 4:46 PM, Februari 13, 2013  

Ide yang bagus dan saya akan menggunakannya dalam pengajaran saya. Hanya kalau boleh sedikit memberi masukan bahwa ada kekeliruan dalam kalimat matematika 7+1=8+1=9+1 dsb. Masalahnya 7+1 adalah TIDAK sama dengan 8+1 dst.
Salam.

Cari

Memuat...

Quote


Human beings everywhere and throughout time have used mathematics ~ Bishop * Mathematics is a human activity

Mengenai Saya

Foto Saya
Kediri - Ngawi - Palu - Surabaya - Palembang- Malang, Indonesia

TRANSLATOR

Kamus Bahasa Indonesia


Rumah dijual

Current Time

Blog Archive

Komentar

Followers

Follow by Email

Pengunjung Hari Ini

back to top