midah zone

lihat segalanya lebih dekat...

Keindahan dibalik Bilangan Prima



Lagi-lagi menyangkut bilangan prima, karena dalam matematika sendiri masih banyak permasalahan mengenai bilangan prima yang belum terpecahkan. Seperti pola untuk bilangan prima, bilangan prima terbesar, atau jumlah kebalikan (reciprocal) dari seluruh prima kembar (twin primes). Untuk yang terakhir, pada tahun 1919, Viggo Brun mengatakan bahwa jumlah kebalikan dari seluruh twin primes adalah konvergen. Konstanta yang dihasilkan, B, adalah konstanta Brun sebagai penghargaan atas penemuannya. Meskipun dalam penemuan ini tidak dikatakan berapa banyak twin primes yang terdapat disana.
Apakah anda berminat meneruskan penemuan Brun ?
Bagi yang berminat, bisa iseng-iseng untuk melihat perhitungan lebih lanjut disini.



Bilangan prima memang memainkan peran yang sangat penting dalam sistem bilangan dan ia juga menjadi pusat dari beberapa misteri terbesar matematika. Bilangan prima adalah bilangan bulat yang hanya dapat dibagi oleh 1 dan bilangan itu sendiri. Sedangkan bilangan non-prima disebut bilangan komposit. Lantas, apa yang membuat bilangan prima menjadi dasar dari sistem bilangan ? Ini karena bahwa setiap bilangan bulat dapat ditulis sebagai produk hasil perkalian dari bilangan prima. Misalnya, 60 = 2 x 2 x 3 x 5. terlebih lagi, hanya ada satu cara untuk melakukan cara ini (dengan tidak memperhatikan urutan).
Karena perannya yang sangat penting dalam teori bilangan, para matematikawan berupaya untuk menemukan sifat-sifat urutan bilangan prima secara keseluruhan dan untuk mengidentifkasi bilangan prima lebih lanjut. Lebih dari 2000 tahun diketahui bahwa banyaknya bilangan prima tak terhingga tetapi belum ada satu formula pun yang mampu membentuk pola bilangan prima. Namun, ada prosedur yang sistematis menghasilkan semua daftar dari bilangan prima sampai ukuran tertentu. Metode ini disebut metode saringan visual (visual sieve), karena dengan metode ini kita akan melihat urutan bilangan prima yang terbentang dalam garis bilangan dan menyaring bilangan-bilangan komposit. Metode ini dirancang olehYuri Matiyasevich dan Boris Stechkin, matematikawan hebat yang bekerja di Institut matematika Steklov dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia.

Untuk melihat lebih lanjut, bagaimana langkah demi langkah dari metode ini bekerja, silahkan klik disini.

Selamat menikmati indahnya bilangan prima :)

disadur dari berbagai sumber


Lihat Segalanya Lebih Dekat

Cari

Quote


Human beings everywhere and throughout time have used mathematics ~ Bishop * Mathematics is a human activity

Mengenai Saya

Foto saya
Kediri - Ngawi - Palu - Surabaya - Palembang- Malang, Indonesia

TRANSLATOR

Kamus Bahasa Indonesia


Rumah dijual

Current Time

Blog Archive

Komentar

Followers

Follow by Email

Pengunjung Hari Ini

back to top